Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Greeting Card: Pengertian, Jenis-jenis Lengkap dengan Contoh Ungkapannya

Halo teman-teman Media Bahasa Inggris, how is it going? Apa kalian pernah mengucapkan ungkapan selamat menggunakan kartu ucapan (greeting card) khusus kepada orang lain? entah itu ucapan selamat kerena berulang tahun, anniversary hingga ucapan atas kelulusan seseorang. Dalam bahasa Inggris, kartu ucapan tersebut disebut dengan "Greeting Card". Nah, materi tentang greeting card inilah yang akan kita bahas secara lengkap di artikel kali ini. Baca sampai selesai ya!

Greeting Card: Pengertian, Jenis-jenis Lengkap dengan Contoh Ungkapannya

Fyi, jika kalian masih ingat, materi mengenai greeting card ini di ajarkan di kelas 8 SMP.  Langsung saja, kita akan membahas pengertian, jenis-jenis lengkap dengan contoh ungkapan greeting card.

Apa itu Greeting Card?

"Greeting card is an illustrated message that expresses, either seriously or humorously, affection, good will, gratitude, sympathy, or other sentiments"(source). Jika di artikan kedalam bahasa Indonesia, greeting card merupakan pesan bergambar yang mengungkapkan ungkapan baik yang disampaikain secara serius, lucu, penuh kasih sayang, rasa terima kasih, simpati, dan lainnya.

Greeting card adalah kartu ucapan yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau pesan spesial kepada seseorang. Kartu ini biasanya dilengkapi dengan teks atau pesan tulisan tangan yang mencerminkan perasaan si pengirim terhadap penerima. Greeting card bisa berupa kartu fisik yang dibeli di toko atau kartu digital yang dikirim melalui email atau media sosial.

Greeting card, atau kartu ucapan, merupakan salah satu cara yang indah dan unik untuk mengirimkan pesan kebahagiaan, dukungan, atau cinta kepada seseorang. 

Kartu ini sering digunakan dalam berbagai kesempatan, seperti ulang tahun, hari pernikahan, hari perayaan, atau hanya sekadar untuk mengirimkan ucapan. Selanjutnya, penulis akan memberikan struktur, jenis dan contoh greeting card yang bisa kamu gunakan.

Struktur Kartu Ucapan (Structure of Greeting Card)

Gretting card atau kartu ucapan tentu saja memiliki struktur tersendiri. Ada 3 struktur penting dalam sebuah greeting card yaitu:

Receiver (Penerima)

Bagian awal dalam greeting card berisi nama penerima kartu ucapan yang akan kalian buat.

Body (Isi)

Body dalam greeting card berisi tentang pesan dan kesan yang ingin kamu sampaikan kepada penerima kartu ucapan tersebut.

Sender  (Pengirim)

Pada bagian greeting card inilah namamu di cantumkan agar penerima tahu siapa pengirim kartu ucapan tersebut.
Struktur greeting card

Jenis-jenis Greeting Card

Di era digital sekarang ini, untuk mengungkapkan sebuah ucapan, kamu bisa banget loh menggunakan greeting card yang dikirim via media sosial. Sehingga hal tersebut lebih praktis di bandingkan dengan kartu fisik. Akan tetapi, jika kalian bisa bertemu dengan di penerima secara langsung, lebih baik menggunakan kertu fisik agar lebih berkesan.

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai jenis-jenis greeting card. Greeting card bisa kamu gunakan dalam situasi tertentu. Berikut ini merupakan contoh momen yang bisa kamu rayakan dengan menggunakan kartu ucapan (greeting card).

1. Kartu Ucapan Ulang Tahun (Birthday Card)

Kartu ucapan ulang tahun adalah jenis kartu paling umum digunakan. Mereka bisa bersifat lucu dan  penuh dengan sentuhan kebahagiaan. Kartu ucapan ulang tahun sering kali mengandung gambar kue, lilin, balon, dan ilustrasi yang sesuai dengan usia. Kartu-kartu ini merayakan kebahagiaan tahun baru kehidupan dan menyampaikan ucapan hangat untuk hari istimewa sang penerima.

Contoh ungkapan:

  • Happy Birthday! May this special day be full of happiness and surprises. (Selamat ulang tahun! Semoga hari spesial ini penuh dengan kebahagiaan dan kejutan).
  • Happy Birthday. Hope you get a lot of good things this year. (Selamat merayakan hari ulang tahunmu. Semoga kamu mendapatkan banyak hal baik di tahun ini).
  • Happy birthday, may God always give you blessings in your life. (Selamat ulang tahun ya, semoga tuhan selalu memberikanmu keberkahan dalam hidupmu).

2. Greeting Card for Idul Fitri

Jenis greeting card selanjutnya yaitu kartu ucapan untuk hari perayaan keagamaan. Berikut ini contoh isi greeting card mengenai ucapan selamat idul fitri.

Contoh ungkapan:

  • Happy Eid Mubarak to all moslem around the world. (Selamat merayakan hari raya Idul Fitri bagi seluruh muslim yang ada di dunia).
  • May the Almighty overwhelm your life with loads of joy and prosperity in the coming years! Happy Eid Mubarak! (Semoga Yang Mahakuasa membanjiri hidup Anda dengan banyak sukacita dan kemakmuran di tahun-tahun mendatang! Selamat Hari Raya Idul Fitri!).
  • May Allah accept your prayers and bless you with the rewards of Ramadan. Eid Mubarak to you and your family. (Semoga Allah menerima doa-doamu dan memberi keberkahan dengan pahala Ramadhan. Idul Fitri untukmu dan keluarga).

3. Kartu Ucapan Terima Kasih (Thanking Card)

Kartu ucapan terima kasih mengungkapkan rasa terima kasih atas tindakan baik, hadiah, atau dukungan yang diterima. Kartu-kartu ini mengakui usaha orang lain dan menyampaikan apresiasi secara pribadi dan perhatian.

Contoh ungkapan:

  • Thank you so much, I can't possibly repay your kindness. (Terima kasih banyak, aku tidak mungkin bisa membalas kebaikanmu).
  • Thank you for the gift, I really needed it. (Terima kasih atas hadiahnya, aku sangat membutuhkannya).

4. Kartu Ucapan Belasungkawa/Berduka Cita (Condolences Card)

Kartu ucapan ini sangat berbeda dengan greeting card pada umumnya, karena kartu ucapan belasungkawa memberikan rasa simpati dan kenyamanan kepada individu yang mengalami kehilangan. Kartu-kartu ini memberikan cara penyampaian simpati yang penuh perasaan dan menawarkan dukungan.

Contoh ungkapan:

  • I'm so sorry to hear that. (Aku sangat turut berduka cita).
  • I'm sorry for the loss of your grandfather (Aku turut beduka cita atas kepergian kakekmu).

5. Kartu Ucapan Cepat Sembuh (Get Well Card)

Kartu ucapan cepat sembuh dikirimkan kepada individu yang sedang sakit atau dalam tahap pemulihan dari penyakit atau operasi. Kartu-kartu ini berisikan do'a dan harapan pemulihan, tujuannya yaitu untuk memberikan semangat kepada penerima di saat yang sulit penuh tantangan melawan penyakitnya.

Contoh ungkapan:

  • I miss having you around, wishing you a speedy recovery. (Aku merindukanmu, semoga lekas sembuh ya).
  • Get well soon my friend, I hope you’re feeling a little bit better each day. (Cepat sembuh temanku, aku harap kamu merasa lebih baik hari demi hari).

6. Kartu Ucapan Persahabatan (Friendship Card)

Kartu ucapan persahabatan merayakan ikatan persahabatan. Mereka sering kali berisi pesan-pesan penghargaan dan dukungan untuk hubungan istimewa yang dibagikan kepada seorang sahabat.

Contoh ungkapan:

  • Here's a special card for a special friend. I Love you and miss you! (Ini merupakan kartu spesial untuk seorang sahabat yang spesial. Aku mencintai dan merindukanmu).
  • I'm so blessed to have you in my life my lovely friend. (Aku sangat bersyukur memilikimu di hidupku wahai sahabat tercintaku).

7. Kartu Ucapan Peringatan Pernikahan (Wedding Anniversary Card)

Kartu ucapan peringatan memperingati hari jadui dalam suatu hubungan, seperti peringatan pernikahan. Kartu-kartu ini mengekspresikan cinta, kesetiaan, dan ucapan terbaik untuk tahun ketahun yang akan datang.

Contoh ungkapan:

  • Happy wedding anniversary! may this and all your days together be filled with joy and happiness! (Selamat hari ulang tahun pernikahan, semoga hari-hari bersama kalian di penuhi dengan keberkahan dan kebahagiaan).
  • My favorite couple is celebrating their wedding anniversary! Your love is my greatest source of inspiration. (Pasangan favoritku sedang merayakan hari ulang tahun pernikahan mereka! Cinta kalian adalah sumber inspirasi terbesarku).

8. Kartu Ucapan Kelulusan (Graduation Card)

Kartu ucapan kelulusan diberikan untuk merayakan seseorang yang telah menyelesaikan pendidikannya. Biasanya berisikan kata-kata atau dorongan dengan ucapan yang baik, terutama untuk masa depan orang tersebut.

Contoh Ungkapan:

  • Congratulations on graduating and here's to your next adventure of life! (Selamat atas kelulusannya, dan inilah petualangan hidupmu selanjutnya).
  • Happy graduation, we're so proud of you, and honored to celebrate graduation day with you! (Selamat wisuda, kami sangat bangga padamu, dan merasa terhormat untuk merayakan hari kelulusan bersamamu!).
  • Happy graduation day, Congrats and may all your dreams come true! (Selamat hari kelulusan, Selamat dan semoga semua impianmu menjadi kenyataan!).

9. Kartu Ucapan Hari Guru (Teacher's Day Card)

Jenis greeting card ini tentu saja merupakan greeting card yang sering di pakai untuk mengucapkan kepada guru favorit atau pun yang sudah berjasa mendidik dengan tulus dan sabar.

Contoh ungkapan:
  • Happy Teacher's day to all amazing teacher in the world. (Selamat hari guru untuk seluruh guru hebat yang ada di dunia).
  • Happy Teacher's day Sir/Ma'am, thank you for all you have taught me. (Selamat hari guru Pak/Bu, terima kasih atas segala yang sudah kau ajarkan kepadaku).

10. Kartu Ucapan Hari Ibu (Mother's Day Card)

Hari Ibu! Hari ini merupakan momen spesial untuk mengucapkan kalimat-kalimat indah kepada sang bunda tercinta. Agar lebih berkesan dan kreatif, tentu kamu bisa membuat greeting card kepada Ibu ketika memperingati hari Ibu.

Contoh Ungkapan:
  • Happy Mother's Day! Thanks for all that you do for me with lots of love. You are one of the best Mom in the world! (Selamat Hari Ibu! Terima kasih atas semua yang engkau lakukan untukku dengan penuh cinta. Engkau adalah salah satu Ibu terbaik di dunia!).
  • Thank you to the woman who taught me to be the best version of myself, who supports me and showers me with love. Happy Mother’s Day! (Terima kasih kepada wanita yang mengajariku untuk menjadi versi terbaik dari diriku, yang mendukung dan menghujaniku dengan cinta. Selamat Hari Ibu!).

11. Kartu Ucapan Hari Ayah (Father's Day Card)

Selain hari Ibu, Hari Ayah juga merupakan kesempatan spesial untuk kamu memberikan ucapan khusus kepada sang Ayah tercinta. Yaitu seseorang yang banyak berkorban demi menghidupi dan menjaga keluarganya.

Contoh ungkapan:
    •  Thank you for being the glue that holds our family together. Happy father's day to my lovely dad. (Terima kasih telah menjadi perekat yang menyatukan keluarga kita. Selamat hari ayah untuk ayahku tercinta).
    • Today and every day, I appreciate everything you do for our family. Happy father's day! (Hari ini dan setiap hari, aku menghargai semua yang engkau lakukan untuk keluarga kita. Selamat hari ayah!).

    12. Kartu Ucapan Tahun Baru (New Year's Card)

    Tahun baru selalu menjadi momen perayaan yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Kamu bisa banget loh menggunakan greeting card untuk mengucapkan selamat dalam menyambut tahun baru.

    Contoh ungkapan:
      • Happy New Year! May health and happiness to you and yours in the new year ahead. (Selamat Tahun Baru! Semoga kesehatan dan kebahagiaan untukmu dan kalian di tahun baru mendatang).
      • Let the old year end and the New Year begin with the warmest of aspirations. Happy New Year everyone! (Biarkan tahun lama berakhir dan Tahun Baru dimulai dengan aspirasi terhangat. Selamat Tahun Baru semuanya!).

      Conclusion

      Greeting card adalah cara yang unik untuk mengirimkan pesan perasaan dan dukungan kepada orang yang kita pedulikan. Dengan menambahkan sentuhan kreatif, kartu ucapan bisa menjadi hadiah yang berarti dan berkesan. 

      Tapi di dalam dunia digital saat ini, sebuah kartu fisik yang ditulis tangan memiliki daya tarik dan kehangatan yang tak tergantikan. Jadi, luangkan waktu untuk membuat atau memilih greeting card yang sesuai dengan kesempatan dan perasaanmu, sampaikan pesan dengan tulus kepada orang yang kamu cintai. See you on the next article!

      Post a Comment for "Greeting Card: Pengertian, Jenis-jenis Lengkap dengan Contoh Ungkapannya"