Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Belajar Istilah-Istilah Bulan Puasa dalam Bahasa Inggris

Istilah-Istilah Bulan Puasa dalam Bahasa Inggris - Hello squad! gak kerasa ya sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan. Seluruh umat muslim di dunia sangat menantikan kehadiran bulan yang suci ini lho. Mungkin termasuk kalian yang membaca artikel ini. 

Seperti yang kita ketahui, di bulan suci ramadhan umat muslim melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Mereka berpuasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari (source). Umat muslim berpuasa dengan cara menahan rasa lapar, haus dan hawa nafsu mereka. 

Istilah-Istilah Bulan Puasa dalam Bahasa Inggris

Jadi gimana nih? apakah kalian sudah siap untuk menghadapi bulan Ramadhan tahun ini?

Tapi ingat ya squad, jangan sampai puasa menjadi alasan untuk kita bermalas-malasan. Justru kita harus tetap bersemangat melaksanakan aktivitas sehari-hari seperti beribadah, bekerja dan belajar, termasuk belajar bahasa Inggris, hehe.

Ngomong-ngomong tentang belajar bahasa Inggris. Kali ini Media Bahasa Inggris akan membagikan istilah-istilah di bulan puasa dalam bahasa inggris yang bisa kamu pelajari dan di gunakan nanti. Kamu bisa memakai istilah-istilah ini di dalam percakapan bersama teman, sahabat hingga sanak saudara.

Istilah-Istilah Bulan Puasa dalam Bahasa Inggris

Banyak sekali istilah-istilah yang ada di bulan puasa seperti berbuka puasa, ngabuburit, sahur, tarawih dan lain-lain. Apakah kalian tahu apa bahasa Inggris dari istilah-istilah tadi? Without further ado, Mari kita masuk kedalam istilah yang pertama.

Buka Puasa/Iftar

Istilah yang pertama merupakan salah satu istilah yang sangat penting yaitu berbuka puasa. Kesalahan yang sering terjadi yaitu banyak orang mengatakan bahwa berbuka puasa itu adalah breakfasting. Padahal secara grammar itu merupakan hal yang keliru, squad. 

Bahasa Inggrisnya berbuka puasa yang benar adalah Breaking the fast atau break the fast.  Berikut contoh kalimatnya:

  • We usually break the fast after hearing adzan maghrib. (Kita biasanya berbuka puasa setelah mendengar adzan maghrib).
  • It's time for breaking the fast. (Waktunya berbuka puasa).
  • Enjoy your Iftar meal. (Selamat menikmati hidangan berbuka puasa mu).
Iftar merupakan istilah yang di ambil dari bahasa Arab.

Buka Puasa Bersama (Bukber)

Buka Bersama, Buka Puasa Bersama, Bukber
Illustrasi Buka Bersama (sumber: canva)
Istilah-Istilah Bulan Puasa dalam Bahasa Inggris selanjutnya adalah Buka puasa bersama atau bukber. Seperti yang kita ketahui, bukber adalah momen yang paling di tunggu-tunggu oleh orang yang sedang berpuasa. Biasanya mereka mengadakan acara buka puasa bersama ini dengan keluarga, rekan kerja, kolega hingga teman sekolahnya. 

Lalu, apa sih bahasa Inggrisnya buka puasa bersama atau bukber? Nah, kalian bisa mengatakan fast breaking together, breaking our fast together hingga Iftar gathering.
Iftar gathering merupakan istilah bukber dalam bahasa Inggris yang sering digunakan oleh masyarakat arab.

Berikut ini contoh kalimat yang bisa kamu gunakan:

  • Hey, let's break the fast together. (Hey, ayo buka puasa bersama).
  • Are you going to come to the Iftar gathering event today? (Mau datang ke acara bukber hari ini gak?).

Ramadhan (Bulan Puasa)

Di dalam bahasa Inggris, bulan puasa atau Ramadhan biasanya dikenal dengan Ramadan, the holy month (bulan suci) hingga fasting month (bulan puasa). Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat suci dan istimewa bagi umat muslim seluruh dunia, mereka serentak melaksanakan ibadah puasa. 

Contoh kalimat:
  • Ramadan is the holiest month for muslims in all over the world. (Ramadhan adalah bulan yang paling suci bagi umat muslim di seluruh dunia).
  • Ramadan is my favorite month. (Ramadhan adalah bulan favorit saya).
  • During Ramadan, Muslims doesn't drink and eat before sundown. (ketika bulan Ramadan, umat muslim tidak minum dan makan sebelum matahari terbenam).

Sahur

Istilah-Istilah Bulan Puasa dalam Bahasa Inggris berikutnya adalah sahur. Sebelum umat islam berpuasa, mereka melaksanakan sahur yaitu makan di waktu dini hari sebelum adzan subuh di kumandangkan. Istilah sahur dalam bahasa Inggris yaitu Suhoor atau pre-dawn meal. Media Bahasa Inggris akan memberikan contoh kalimatnya:
  • Hey wake up, It's time for suhoor. (Hey ayo bangun, sudah waktunya sahur).
  • Our menu for pe-dawn meal today are chicken, tempe and sayur asem. (Menu sahur kita hari ini adalah ayam, tempe dan sayur asem)

Imsak

Imsak atau imsakiyah merupakan peringatan yang sangat penting bagi kita umat islam yang berada di Indonesia. Ketika bulan suci Ramadhan tiba, jadwal imsak atau imsakiyah bisa kita temui dimana-mana termasuk di aplikasi smartphone.

Imsak merupakan peringatan bahwa akan segera dikumandangkannya adzan shubuh yang berarti waktu mulainya berpuasa sudah hampir tiba. 

Tujuan dari imsak yaitu agar orang-orang yang sedang makan sahur segera menghabiskan dan menyelesaikan makanannya. 

Bahasa Inggrisnya Imsak adalah Imsak. Atau kamu bisa menyebutnya warning signal (sinyal peringatan). Maksud dari peringatan disini adalah peringatan bahwa sebentar lagi waktu sahur segera habis dan bersiap-siap untuk melaksanakan ibadah puasa. Ini adalah contoh kalimatnnya:
  • Don't forget to finish your meal before Imsak. (Jangan lupa habiskan makanannya sebelum imsak).

Ngabuburit

Istilah ini sangat terkenal sekali di Indonesia. Ngabuburit adalah kegiatan umat muslim di sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Kegiatan yang di lakukan pun bermacam-macam seperti mengaji, berzikir, jalan-jalan sore, bermain, membaca, menonton dan lain-lain.

Hal tersebut mereka lakukan agar tidak merasa bosan dalam menunggu waktu berbuka puasa atau adzan maghrib. Dalam Bahasa Inggris, kamu bisa mengatakan ngabuburit dengan passing time before maghrib atau killing time before maghrib.

Berikut adalah contoh kalimatnya:
  • Hey Indah, do you want to come with me to kill some times before maghrib? (Hey Indah, mau ikut ngebuburit sama aku gak?).
  • She is going to passing time before maghrib with Dika. (Dia pergi ngabuburit dengan si Dika).

Tarawih

Istilah-Istilah Bulan Puasa dalam Bahasa Inggris selanjutnya adalah solat tarawih. Tarawih merupakan ibadah yang hanya di laksanakan ketika bulan suci ramadhan. Ibadah ini di lakukan setelah solat isya dan biasanya umat muslim melaksanakan ibadah ini secara berjama'ah di mesjid.

Di dalam bahasa Inggris, Taarawih dikenal dengan istilah Taraweeh atau Extended evening prayer.
  • Hey Adi, stop playing game! It's time to taraweeh. Let's go to the mosque. (Hey Adi, berhenti bermain game! Sekarang waktunya solat tarawih. Ayo kita pergi ke mesjid).

Batal Puasa

Ini merupakan istilah-istilah bulan puasa dalam Bahasa Inggris yang terakhir. Ketika kita sudah berkomitmen untuk berpuasa, itu berarti kita harus menjaga ibadah puasa kita agar tidak batal dan sia-sia.

Ada beberapa hal yang bisa membatalkan ibadah puasa diantaranya makan dan minum secara di sengaja sebelum waktu berbuka. 

Ada beberapa istilah batal puasa dalam bahasa Inggris. Seperti Ruin the fast, Ruining your fast dan lain-lain. Ini dia contoh kalimatnya:
  • I got my period, my fast has ruined. (Aku dapet halangan, puasaku batal).
  • Don't smoking! you will ruining your fast. (Jangan merokok, puasamu nanti batal).
Selanjutnya, Media Bahasa Inggris akan memberikan beberapa kosakata yang berkaitan dengan ibadah di bulan ramadhan.

Kosakata Lain

Vocabularies

Terjemahan

Ladies’ Prayer Gown

Mukena

Prayer Cap

Peci

Prayer Mat/Rug

Sejadah

Sarong

Sarung

Prayer Set

Rakaat

Odd

Ganjil

Even

Genap

Reading the Holy Qur’an

Tadarus

Tahajud

Late Night Prayer

Ablution

Wudhu

Spiritual Reward

Pahala

Obligatory

Wajib

Charity

Sedekah

Good Deeds

Amal Saleh


Itulah pembahasan mengenai istilah-istilah bulan puasa dalam bahasa Inggris. Jika kamu memiliki istilah atau kosakata lain silahkan berkomentar ya. Jika bermanfaat, jangan lupa untuk share tulisan ini untuk mensupport Media Bahasa Inggris, terima kasih.

Post a Comment for "Yuk Belajar Istilah-Istilah Bulan Puasa dalam Bahasa Inggris"