Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Greetings and Leave Taking: Cara Menyapa dan Berpamitan dalam Bahasa Inggris

 

 

Greeting dan Leave Taking: Cara Menyapa dan Berpamitan dalam Bahasa Inggris

Hi, how are you? I hope you're fine. Anyway, pada artikel kali ini, kita akan belajar tentang greetings and leave taking. Yaitu bagaimana cara menyapa dan berpamitan di dalam bahasa inggris.

 

Ketika kita bertemu dengan orang lain, kita tidak akan luput dari yang namanya menyapa dan berpamitan pada mereka. Mungkin kalian sering menggunakan ungkapan tersebut dengan bahasa indonesia atau bahasa daerahmu. Tapi, apakah kalian sudah mengetahui bagaimana cara menyapa dan berpamitan dalam Bahasa Inggris? Jika belum, mari kita belajar di artikel ini yuk.

Pada tulisan kali ini, mediabahasainggris akan membahas mengenai greetings and leave taking. Simak penjelasannya sampai habis agar kamu bisa menggunakan ungkapan salam dan pamit dengan benar pada situasi yang tepat. Kita akan mulai dari greetings (kata sapaan).

Apa Itu Greetings?

Jika diartikan kedalam bahasa Indonesia, greetings adalah kata sapaan. greetings yaitu suatu ungkapan ramah yang bisa kamu katakan atau lakukan ketika bertemu seseorang (source). Dengan kata lain, greetings adalah sebuah ungkapan salam/sapaan dalam Bahasa Inggris yang digunakan untuk menyapa orang lain, baik kepada orang yang sudah kamu kenal ataupun yang baru kamu kenal.

Biasanya, greetings sering diikuti oleh percakapan atau obrolan. Seperti halnya di dalam Bahasa Indonesia, menyapa di dalam Bahasa Inggris pun bisa dilakukan melalui ucapan atau gerakan tubuh.

Berdasarkan jenisnya, ungkapan sapaan atau salam dibagi menjadi 2 yaitu Formal greetings dan Informal greetings. Apa itu formal dan informal greetings? Silahkan simak penjelasan berikut:

Formal greetings

Formal greetings adalah kata sapaan yang bersifat resmi. Saat kamu bertemu seseorang, khususnya dalam keadaan formal seperti pertemuan bisnis, presentasi, sekolah atau bertemu orang penting untuk pertama kali. Alangkah baiknya kamu menggunakan ungkapan salam yang bersifat formal (resmi) ini.

Selain itu, jika kamu berada di dalam situasi yang meragukan. Misalnya kamu merasa bingung atau ragu harus menggunakan ungkapan formal atau informal. Nah penulis sarankan, lebih baik kamu menggunakan formal greetings ketika ingin menyapa atau memulai percakapan.

Sekarang, apa saja sih ungkapan formal greetings di dalam bahasa inggris? Berikut adalah contoh ekspresi formal dan cara menjawabnya. Silahkan perhatikan tabel dibawah ini:

Expression (ekspresi)

Responses (respon)

Hello!

Hello!

Good Morning!

Good Morning!

Good Afternoon!

Good Afternoon

Good Evening!

Good Evening!

How are you?

I'm fine, I'm very well etc.

How are you doing?

Very good, fine etc.

Catatan:

  • Hello (halo): Kata sapaan formal yang lebih baik digabungkan dengan ungkapan lainnya seperti good morning, good afternoon, good evening, how are you etc.
  • Good Morning (Selamat Pagi): Ungkapan ini sangat biasa digunakan saat situasi formal. Kamu bisa menggunakannya mulai dari jam 5 pagi sampai jam 12 siang.
  • Good Afternoon (Selamat Siang): Kamu bisa menggunakannya mulai jam 12 siang hingga jam 6 sore.
  • Good Evening (Selamat Malam): Gunakanlah ungkapan ini mulai dari jam 6 hingga 12 Malam. (Untuk ungkapan Good night silahkan lihat di dalam materi Leave taking).
  • How are you (Apa Kabarmu?): Ungkapan ini sangat biasa digunakan ketika menyapa seseorang. Kamu akan mendengar kalimat ini dimana-mana ketika belajar bahasa inggris.
  • How are you doing?: Merupakan salah satu ungkapan yang sopan ketika menanyakan kabar kepada seseorang. Kamu bisa menggabungkannya dengan kata sapaan lain seperti Hello, good morning, good afternoon, good evening etc.

Informal greetings

Informal greetings adalah kata sapaan yang digunakan saat keadaan santai atau tidak resmi. Biasanya, kalimat-kalimat salam tersebut digunakan untuk berbicara dengan teman, sahabat atau keluarga dekat kamu. Berikut adalah contoh ekspresi informal greetings dan cara menjawabnya:


Expression (ekspresi)

Responses (respon)

Hi!

Hi!

Hey there!

Hi!, Hello, etc.

How is it going?

Great, Not bad, etc.

What's up?

Not much, Nothing, alright etc.

How is life?

Fine, Well, Good etc.

Catatan:

  • Hi (Hai): Kata ini merupakan kata lain dari hello, hanya saja ini digunakan ketika situasi tidak resmi. Kata ini juga sebaiknya digabungkan dengan ungkapan greetings yang lain.
  • Hey there: Merupakan variasi cara mengucapkan hello dan hi dalam situasi santai.
  • How is it going?: Apakah kamu mendengar ungkapan ini? Biasanya kalimat tersebut digunakan ketika bertemu dengan seseorang yang sudah kamu kenal. Selain itu, how is it going bisanya digunakan setelah kata Hi atau Hello.
  • What's up?: Kamu akan menjumpai banyak orang Amerika (USA) saling sapa menggunakan ungkapan ini. Bahkan, mereka terkadang menyingkatnya menjadi 'Sup?.
  • How is life?: Ungkapan lain dari how are you versi informal yang sering digunakan.

Apa Itu Leave Taking?

Selanjutnya adalah leave taking. Leave taking ialah ungkapan pamit dalam Bahasa Inggris yang digunakan ketika akan berpisah dengan seseorang. Jika kita akan berpisah dengan seseorang, maka kita biasanya mengucapkan good bye (selamat tinggal), see you later (sampai jumpa lagi), ataupun see you next time (sampai jumpa dilain waktu).

Leave taking akan membantu kamu agar bisa berpamitan secara baik dan benar khususnya menggunakan Bahasa Inggris. Berikut ini adalah contoh ungkapan leave taking dan cara menjawabnya:

Expression (ekspresi)

Responses (respon)

Good bye. (selamat tinggal).

Good bye/take care. (selamat tinggal/hati-hati).

See you tomorrow. (sampai jumpa besok).

See you. (sampai jumpa)

See you later. (sampai jumpa nanti).

See you.

See you next (week, day, month, etc).

See you.

Sorry, I have to go now. (maaf, aku harus pergi sekarang).

Never mind, see you. (Baiklah, sampai jumpa)

I’ll talk to you later. (aku akan berbicara padamu lagi nanti).

Sure, see you later. (tentu, sampai jumpa lagi)

Have a nice day! (semoga harimu menyenangkan!).

Have a nice day! (semoga harimu menyenangkan)

Good Night (Selamat Malam/Tidur).

Good Night (Selamat Malam/Tidur).

Conclusion

Greetings adalah kata sapaan sedangkan leave taking ialah kata perpisahan (pamitan). Greetings berdasarkan jenisnya terbagi menjadi dua yaitu formal (resmi) dan Informal (tidak resmi/santai/casual). Yang membedakan keduanya adalah situasi dan kepada siapa kamu berbicara. Sedangkan Leave taking, adalah ungkapan pamit yang bisa dikatakan ketika kamu akan berpisah dengan lawan bicaramu. Itulah penjelasan materi mengenai greetings dan leave taking versi mediabahasainggris. See you later!



 

1 comment for "Greetings and Leave Taking: Cara Menyapa dan Berpamitan dalam Bahasa Inggris"