Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Belajar Bahasa Inggris Sendirian (Otodidak)

Halo sobat mediabahasainggris, Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya belajar Bahasa Inggris sendirian atau secara otodidak. Apakah mungkin bisa belajar Bahasa Inggris sendirian sampai bisa? Jika kamu tertarik, kita akan membahasnya secara detail disini. Baca sampai selesai agar kamu mendapatkan insightnya ya!

Cara Belajar Bahasa Inggris Sendirian (Otodidak)

Penulis akan membagi bagi menjadi beberapa tips agar kalian bisa mengikutinya, hal penting yang paling utama yaitu

1. Memiliki Niat yang Kuat (Strong Motivation)

Mungkin terdengar biasa tapi ini merupakan hal yang sangat penting lho, ketika kamu memiliki niat yang kuat untuk belajar Bahasa Inggris, maka tujuan kamu akan mudah tercapai. Mengapa demikian? karena kamu akan terus berusaha mempelajari Bahasa Inggris sekalipun menemukan banyak kesulitan. Dengan memiliki strong motivation, kamu dapat menjaga semangatmu dalam belajar Bahasa Inggris sehingga akan terus berusaha secara maksimal.

Jadi, poin utama ini harus kamu miliki dan di pertahankan ya!

2. Memiliki Tujuan yang Jelas (Clear Goals)

Setelah niat yang kuat, tentunya kalian harus memiliki tujuan yang jelas dalam belajar Bahasa Inggris. Tujuan disini merupakan tujuan realistis yang bisa kamu capai. Misalnya tujuan kamu belajar Bahasa Inggris agar bisa kuliah atau bekerja diluar negeri, nah tentu saja itu merupakan tujuan besar yang tidak bisa kamu capai dalam waktu yang singkat bukan? Maka dari itu kamu harus membagi tujuan besar tersebut menjadi poin-poin kecil yang realistis seperti:

  • Dalam 5 bulan ke depan saya harus menguasai grammar
  • Saya harus belajar 1 kosakata baru setiap hari
  • Saya harus menguasai kalimat atau frasa yang digunakan sehari-hari
Dengan membagi tujuan tersebut menjadi poin-poin kecil, bakal lebih mudah mencapai tujuan utama tadi. Tentunya dengan kerja keras dan tidak pantang menyerah, Semangat!

3. Awali Dengan Belajar Ungkapan yang Biasa digunakan

Cara belajar Bahasa Inggris dengan efektif yaitu dengan cara belajar ungkapan yang biasa digunakan sehari-hari, Misalnya belajar cara meminta ma'af dalam bahasa Inggris, Cara memberitahu waktu dalam bahasa Inggris, cara mengucapkan selamat dan lain-lain.

Pokoknya, kalian harus mempelajari kalimat yang sering pakai dalam kehidupan sehari-hari agar terbiasa dalam mempraktikannya. mulailah dari kata per kata ataupun kamu bisa langsung mempalajarinya dalam bentuk kata hingga beberapa kalimat sekaligus.

4. Belajar Bahasa Inggris Melalui Hobi

Agar belajar Bahasa Inggris lebih menyenangkan, kamu bisa banget belajar Bahasa Inggris melalui hobi kamu lho. Misalnya jika kamu suka Kdrama, maka tonton dramanya menggunakan subtitle bahasa Inggris untuk memperluas kosakatamu. Jika kamu menyukai teknologi, carilah artikel mengenai teknologi yang menggunakan bahasa Inggris atau tonton video bahasa Inggris mengenai teknologi yang banyak tersedia di youtube.

Dengan begitu, penulis yakin belajar bahasa Inggris mu akan lebih menyenangkan nantinya. Mulai sekarang, cari minat dan hobimu ya!

5. Belajar Grammar

Dalam belajar bahasa Inggris, tentu kamu tidak bisa menghindari yang namanya grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris. Mempelajari grammar sangatlah penting, tapi jangan jadikan grammar menjadi fokus utama agar kamu tidak kebingungan dalam belajar bahasa Inggris.

Kamu bisa belajar grammar melalu online maupun offline dengan cara mencari textbook. Kamu juga bisa mencari grammar melalui artikel yang tersedia di mediabahasainggris. Selain itu kamu bisa mencari video di youtube atau media sosial lainnya.

Ingat ya, pelajari grammar ketika kamu sudah mengenal pola dan cara menggunakan Bahasa Inggris agar kamu tidak bingung. Alasan penulis menulis grammar di poin kelima adalah agar kamu tidak fokus kepada grammar terlebih dahulu. Karena jika kamu langsung mempelajari grammar pertama kali dalam bahasa Inggris, kamu akan kebingungan dan menganggap bahwa bahasa Inggris itu memusingkan dan akhirnya kamu tidak termotivasi lagi untuk belajar bahasa Inggris.

6. Praktik Speaking (Berbicara) Sesering Mungkin

Poin terakhir yang tak kalah penting yaitu praktik speaking atau berbicara sesering mungkin. Kita sedang membicarakan Bahasa Inggris, pada umumnya kita menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, jadi belajar speaking dalam bahasa Inggris sangatlah krusial. 

Kamu dapat belajar bahasa Inggris sendirian dirumah dengan menjelaskan atau mendeskripsikan sesuatu. Atau bisa memulai dengan cara mendeskripsikan benda yang ada disekitarmu seperti handphone.. kamu bisa menceritakan pengalamanmu menggunakan hp tersebut menggunakan bahasa Inggris.

Agar lebih mudah, baca artikel mengenai cara meningkatkan skill speaking bahasa Inggris yang sudah penulis tulis.

Conclusion

Ketika kamu memiliki motivasi dalam belajar Bahasa Inggris, maka pertahankan motivasi tersebut untuk membuat kebiasaan baru belajar bahasa Inggris. Setiap orang memiliki metode belajarnya masing-masing. Jadi cari tahulah metode apa saja yang menurutmu efektif yang bisa di terapkan dalam proses belajarmu. Mulailah belajar bahasa Inggris karena ini dapat mempermudah hidupmu. See you on the next artikel guys!


Post a Comment for "Cara Belajar Bahasa Inggris Sendirian (Otodidak)"